Sun. Jul 14th, 2024
6 Tips Menambah Berat Badan Anak

Setiap orang tua ingin anak tumbuh dengan sehat, bugar, dan bahagia. Anda terus memantau pertumbuhan anak, termasuk bagaimana mencapai berat badan ideal. Namun, terkadang ada tantangan yang membuat anak sulit makan dan membuat berat badannya tidak optimal. Karena berat badan yang ideal membantu anak Anda tumbuh menjadi lebih kuat, berikut rekomendasi tips menambah berat badan anak.

1. Menambah Sumber Karbohidrat Sehat

Cara ideal untuk menumbuhkan tubuh anak adalah melalui asupan karbohidrat yang sehat. Kekurangan karbohidrat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Ini disebabkan karena karbohidrat menjadi sumber energi, sehingga semua organ dalam tubuh berfungsi dengan baik dan anak dapat beraktivitas dengan baik. Contoh makanan yang bisa Anda tambahkan menjadi snack adalah granola, sereal, dan buah-buahan kering.

2. Selalu Penuhi Asupan Protein 

Protein adalah sumber kalori ketiga yang dapat membantu anak Anda menambah berat badan. Sumber protein yang sangat baik untuk penambahan berat badan diantaranya selai kacang, sup kacang, telur, susu, yoghurt, dan keju. Namun, sumber protein lain, seperti ikan, daging, dan biji-bijian, tetap harus diberikan kepada anak-anak. Anda juga bisa memberikan cemilan protein di antara waktu makan utama.

3. Penuhi Kebutuhan Kalori

Jika anak kehabisan kalori, berat badan mereka mungkin tidak ideal. Hal ini karena kalori yang terbakar selama suatu aktivitas lebih tinggi daripada kalori yang dikonsumsi. Jangan sampai anak Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang kosong vitamin, serat, protein, dan mineral. Makanan dengan nihil kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan, tetapi mereka bergizi dan tidak sehat.

4. Berikan Makanan Berlemak Sehat

Tips selanjutnya adalah memberi anak Anda lemak sehat yang cukup. Lemak yang sehat berarti lemak tersebut tak jenuh di dalam tubuh. Lemak sehat akan membantu mendukung pertumbuhan otak dan tubuh. Contoh makanan yang bisa Anda berikan adalah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, tuna, dan salmon.

5. Konsumsi Susu Tumbuh Kembang

Susu mengandung kalsium, vitamin D, protein, dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung perkembangan tubuh anak. Susu juga memiliki kandungan lemak baik untuk optimasi pertumbuhan dan perkembangan otak. Jadi, beri susu sebagai salah satu menu sehat yang Anda berikan setiap hari untuk mendukung tumbuh kembang anak Anda.

6. Pastikan Makan Teratur

Selain menambah berbagai nutrisi, Anda perlu membuat jadwal makan secara teratur untuk menambah berat badan pada anak. Jika Anda melewatkan waktu makan, anak tidak akan dapat membakar kalori yang cukup untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Biasakan anak Anda untuk makan tiga kali sehari dan dua kali camilan atau camilan di antara waktu makan biasa.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak menjadi underweight. Namun, penyebab utamanya adalah kurangnya asupan nutrisi dan kalori. Oleh karena itu, meningkatkan asupan makanan bergizi tinggi adalah cara terpenting untuk menambah berat badan anak.

By admin