Fri. Jul 12th, 2024
7 Nutrisi dan Manfaat Susu 3 Tahun untuk Tumbuh Kembang Anak

Susu anak 3 tahun merupakan salah satu jenis minuman sehat yang memang baik untuk dikonsumsi. Susu juga termasuk pilihan minuman yang mampu memberikan nutrisi lengkap untuk tubuh anak, diantaranya vitamin D, zinc, kalsium, protein, dan lain-lain. Anda ingin mengetahui pembahasan lebih lengkap kandungan nutrisi pada susu, simak pembahasan berikut.

1. Kalsium

Kalsium merupakan komponen penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang anak mulai dari kecil hingga dewasa kelak. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mendukung kerja otot, syaraf, dan jantung. Kalsium juga ikut berperan dalam menjaga kekuatan dan pembentukan gigi anak.

2. Vitamin C

Jenis vitamin ini berfungsi menyembuhkan pendarahan di bawah kulit, luka, dan pendarahan di gusi. Selain itu, membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap infeksi dan membantu penyerapan kalsium dan zat besi.

3. Vitamin D

Kandungan vitamin D pasa susu anak, memberikan pengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan menyerap kalsium. Dengan demikian, tulang bisa menjadi keras.

4. Protein

Protein terdapat di seluruh bagian dari tubuh diantaranya tulang, kulit, rambut, otot, dan jaringan tubuh lainnya. Komponen ini berfungsi mengatur keseimbangan air dalam tubuh, mengangkut zat-zat gizi dari saluran cerna menuju darah, kemudian ke berbagai jaringan tubuh, dan pembentukan antibodi. Selain itu, berfungsi pula dalam berfungsi dalam pemeliharaan dan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh.

5. Zat Besi

Zat besi berperan pada sistem kekebalan tubuh dan metabolisme energi. Selain itu, susu kandungan zat besi pada susu mampu mendukung kemampuan belajar si kecil. Berdasarkan penelitian, kekurangan kadar besi pada otak di masa pertumbuhan tidak dapat digantikan ketika dewasa. Selain itu, kekurangan zat besi di otak bisa mengakibatkan terganggunya daya ingat, kemampuan belajar, dan kemampuan konsentrasi.

6. Serat Pangan

Adanya kandungan serat pangan dan inulin pada susu, merupakan salah satu syarat susu yang baik dikonsumsi untuk anak-anak. Serat pangan berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan. Hal ini karena adanya peningkatan jumlah dari bakteri baik pada pencernaan.

Serat pangan dan inulin merupakan komponen yang memenuhi kriteria sebagai probiotik. Dengan adanya probiotik, maka berfungsi untuk membantu penyerapan mineral, mencegah diare, serta modulasi metabolisme dari flora usus.

7. Omega 3 dan Omega 6

Dengan kandungan omega 3 dan omega 6 yang ditemukan pada susu, maka berfungsi mengurangi resiko ADHD. Gangguan ini merupakan permasalahan mental yang membuat anak berusia 1 hingga 3 tahun mengalami kesulitan dalam konsentrasi dan fokus pada membaca dan mengeja. Selain itu, menjadikan perilaku buah hati Anda menjadi sulit untuk dikontrol. Padahal, kemampuan ini sangatlah penting untuk membantu kesuksesan anak di masa depan.

Demikian berbagai nutrisi dalam susu anak 3 tahun beserta fungsinya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu pentingnya mengkonsumsi susu untuk anak di usia 1 hingga 3 tahun, karena akan mempengaruhi kesuksesan di masa yang akan datang.

By admin