Fri. Jan 28th, 2022
Apa Saja Kandungan Gizi Ikan Lele dan Manfaatnya?

Protein adalah salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Selain daging, ikan menjadi pilihan utama sebagai sumber utama protein. Ada satu jenis ikan yang harganya murah meriah namun kaya akan manfaat, yaitu ikan lele. Kandungan gizi ikan lele sangat bagus untuk si kecil. Anak-anak juga umumnya suka dengan jenis ikan air tawar yang satu ini. Bukan hanya protein yang melimpah, ikan lele juga mengandung asam omega 3. Tentu saja, masih ada gizi lain yang terkandung dalam ikan lele. Uraian selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Kandungan Lemak dalam Ikan Lele

Ikan lele mengandung lemak sebesar 1,1 gram setiap bobot 100 gram. Artinya, jumlah lemak dalam ikan lele sangat sedikit jika kita bandingkan dengan lemak yang terdapat pada daging ayam, apalagi daging sapi. Biasanya, orang lebih suka memasak lele dengan digoreng atau dibakar. Namun, ikan lele sebaiknya dikonsumsi dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar kandungan asam omega 3 di dalam dagingnya tidak hilang. Kalian para orangtua bisa memberikan menu ikan lele untuk makan siang si kecil.

Kandungan Protein dalam Ikan Lele

Semua orang tahu kalau daging ayam dan daging sapi termasuk sumber protein hewani yang sangat baik. Akan tetapi, banyak yang tidak tahu kalau ternyata lele juga mengandung protein yang tak kalah tinggi. Perlu diketahui, setiap bobot 100 gram ikan lele mengandug 18.7 gram protein. Artinya, kandungan gizi ikan lele, khususnya protein, tergolong cukup tinggi.

Kandungan Vitamin B dalam ikan Lele

Gizi lain yang terkandung dalam ikan lele adalah vitamin B. Daging ikan lele mengandung 0.1 mg tiamin atau vitamin B1 dan 0.05 mg riboflavin atau vitamin B2. Tentu saja, kandungan vitamin B ini sangat bagus untuk Kesehatan, terlebih untuk si kecil yang sedang dalam masa tumbuh kembang anak.

Kandungan Fosfor dalam Ikan Lele

Dalam 100 gram daging ikan lele, terkandung kurang lebih 260 mg fosfor. Dengan jumlah tersebut, kalian para orangtua dapat memenuhi 30% kebutuhan mineral untuk tubuh setiap hari. Itulah kenapa ikan lele sangat direkomendasikan untuk menu makan keluarga.

Itulah beberapa jenis gizi yang terkandung dalam ikan lele. Namun lebih dari itu, ikan lele juga mengandung nutrisi lainnya. Salah satunya adalah kalsium yang bagus untuk tulang & gigi. Nutrisi lainnya adalah zat besi yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot.

Selain itu, kandungan gizi ikan lele juga meliputi natrium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit & cairan di dalam tubuh. Satu lagi, kandungan niacin yang terdapat pada daging ikan lele memiliki peranan penting untuk menjaga Kesehatan sistem pencernaah, sel saraf, dan kulit.

By admin