Thu. Jun 13th, 2024
Resep Ikan Fillet Saus Teriyaki: Cocok untuk Pemula yang Baru Belajar Memasak

Apakah Anda seorang pemula yang baru belajar memasak dan ingin mencoba masakan Jepang yang lezat? Jika ya, resep ikan fillet saus teriyaki ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda! Teriyaki adalah salah satu hidangan populer dalam masakan Jepang yang menggunakan saus manis yang kaya rasa. Dalam resep ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah untuk membuat ikan fillet yang lezat dengan saus teriyaki yang menggugah selera. Mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • 2 buah ikan fillet (misalnya salmon atau kakap putih)
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus teriyaki siap pakai
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan gula merah, parut
  • 1 sendok teh bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh jahe segar, parut
  • Sejumput merica bubuk
  • 1 sendok teh minyak sayur untuk menumis

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan ikan fillet dengan air bersih, lalu keringkan menggunakan tisu dapur. Hal ini penting agar saus teriyaki dapat meresap dengan baik ke dalam ikan.
  2. Siapkan wajan anti lengket dan panaskan minyak sayur di atas api sedang.
  3. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, sekitar 1-2 menit.
  4. Masukkan kecap manis, saus teriyaki, minyak wijen, gula merah, dan merica bubuk ke dalam wajan. Aduk rata hingga gula larut dan saus mengental.
  5. Tempatkan ikan fillet ke dalam saus teriyaki yang sudah tersedia dalam wajan. Pastikan setiap sisi ikan terlapisi dengan baik oleh saus.
  6. Tutup wajan dengan penutup atau menggunakan aluminium foil dan biarkan ikan meresap dalam saus selama sekitar 10-15 menit.
  7. Setelah ikan teriyaki meresap, buka penutup wajan dan naikkan sedikit api. Masak ikan fillet selama sekitar 2-3 menit di setiap sisinya atau hingga ikan matang sempurna.
  8. Angkat ikan fillet teriyaki dari wajan dan letakkan di atas piring saji.
  9. Sajikan ikan fillet teriyaki dengan nasi hangat dan sayuran rebus sebagai pelengkap.

Tips Melakukan Fillet Ikan Sendiri

Jika Anda ingin menghemat waktu dan uang dengan membeli ikan utuh dan melakukan fillet sendiri, berikut adalah beberapa tips yang membantu dalam proses filleting:

  1. Pilih ikan yang segar: Pastikan Anda memilih ikan segar dengan mata yang jernih, insang yang merah segar, dan kulit yang kenyal. Ikan segar akan memudahkan Anda dalam proses filleting.
  2. Gunakan pisau yang tajam: Pastikan pisau yang Anda gunakan dalam kondisi tajam. Pisau yang tumpul dapat membuat proses filleting menjadi sulit dan berpotensi melukai tangan.
  3. Bersihkan ikan terlebih dahulu: Sebelum memulai proses filleting, bersihkan ikan dengan air dingin. Hilangkan sisik dan kotoran dengan hati-hati menggunakan pisau atau sisir ikan.
  4. Mulailah dari bagian perut: Tempatkan ikan dengan posisi perut menghadap ke atas. Mulailah dengan membuat sayatan dangkal di bagian perut ikan dari sirip perut hingga bagian atas. Pastikan Anda tidak menusuk organ dalam saat melakukan sayatan.
  5. Buat sayatan di sepanjang tulang belakang: Dari sayatan di perut, buat sayatan yang melintang di sepanjang tulang belakang ikan. Perlahan-lahan goreskan pisau Anda melalui daging, mengikuti bentuk tulang. Gunakan gerakan hati-hati untuk memisahkan daging dari tulang secara perlahan.
  6. Hati-hati saat memisahkan daging dari tulang: Selama proses memisahkan daging dari tulang, gunakan pisau dengan hati-hati dan perlahan. Pegang daging dengan satu tangan dan pisahkan secara perlahan menggunakan pisau dengan gerakan serong.
  7. Buang tulang dengan hati-hati: Setelah daging terpisah dari tulang, buang tulang secara hati-hati untuk mendapatkan fillet ikan yang bersih. Pastikan tidak ada tulang kecil yang terlewatkan.
  8. Cuci fillet dengan air dingin: Setelah berhasil melakukan filleting, bilas fillet ikan dengan air dingin untuk menghilangkan sisa-sisa tulang kecil atau kotoran yang mungkin masih menempel.
  9. Simpan fillet dengan baik: Simpan fillet ikan dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan kertas aluminium sebelum disimpan di dalam lemari pendingin. Gunakan fillet dalam waktu yang sesingkat mungkin untuk mempertahankan kualitas dan kesegarannya.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat dengan mudah melakukan fillet ikan sendiri di rumah. Latihan yang berulang akan membuat Anda semakin terampil dalam proses ini. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menikmati hasil fillet ikan buatan sendiri!

Sekarang, Anda telah berhasil membuat ikan fillet saus teriyaki yang lezat! Dalam resep ini, saus teriyaki yang manis dan gurih memberikan cita rasa khas Jepang pada ikan fillet yang lembut. Dengan panduan langkah demi langkah ini, pemula yang baru belajar memasak pun dapat menciptakan hidangan yang memukau. Jadi, mari mencoba resep ini di dapur Anda sendiri

By admin