Fri. Jan 28th, 2022
Jogging

Dikarenakan sangat mudah dilakukan, jogging menjadi salah satu olahraga yang banyak dipilih oleh seseorang yang sedang membangun dan membiasakan gaya hidup sehat. Tidak hanya itu, jogging yang dilakukan secara konsisten akan memberikan beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan jantung.

Nah, berbincang tentang jogging, salah satu hal yang banyak dilupakan orang adalah melakukan pemanasan sebelum melakukan jogging. Banyak orang yang berpendapat bahwa jogging tidak perlu pemanasan awal karena tidak ada gerakan sulit yang akan dilakukan. Hal semacam ini tentu merupakan sebuah kesalahan.

Perlu diketahui bahwa ada risiko yang mengintai jika Anda termasuk seseorang yang sering melalukan jogging tanpa pemanasan. Beberapa risiko yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan risiko cedera

Salah satu risiko yang bisa saja terjadi jika Anda melakukan jogging tanpa pemanasan sebelumnya adalah peningkatan pada risiko cedera. Memang, gerakan yang dilakukan saat jogging cenderung sederhana dan tidak terlalu sulit. Namun, dari gerakan lari yang dilakukan, tentu ada beban yang diberikan pada otot, terutama otot bagian lutut.

Nah, ketika seseorang tidak melakukan pemanasan sebelum jogging, maka kondisi otot tersebut cenderung lebih tegang. Dengan kondisi otot yang tegang dan Anda melakukan gerakan jogging, maka bisa jadi otot akan mengalami nyeri dan cedera. Dampak ini akan semakin besar jika Anda melakukan jogging dalam jarak yang cukup jauh.

  • Menurunkan performa

Apakah Anda pernah merasa lebih cepat lelah ketika melakukan jogging? Bisa jadi, salah satu sebabnya adalah karena Anda tidak melakukan pemanasan sebelumnya. Ya, pemanasan adalah hal yang penting dilakukan agar tubuh tidak mudah lelah dan cenderung mampu menjaga energi.

Ketika Anda melakukan pemanasan, maka artinya Anda menyiapkan otot untuk bekerja dengan beban yang lebih besar. Nantinya, ketika Anda melakukan jogging setelah pemanasan, maka otot tersebut selain lebih lentur juga lebih siap dengan beban yang diberikan. Hal inilah yang membuat performa Anda menjadi lebih baik dan tidak mudah lelah.

  • Gangguan aliran darah dan oksigen

Risiko lain yang bisa terjadi jika Anda terbiasa jogging tanpa melakukan pemanasan sebelumnya adalah adanya gangguan dari aliran darah dan juga oksigen di dalam tubuh. Apakah Anda pernah merasa kehabisan oksigen saat melakukan jogging dan tiba-tiba pusing?

Ya, kondisi tersebut adalah contoh adanya gangguan pada aliran darah serta oksigen di dalam tubuh karena lalai melakukan pemanasan. Tentu saja, hal tersebut bisa mengakibatkan efek yang lebih berbahaya, termasuk pingsan.

Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum jogging akan melancarkan aliran darah serta oksigen di dalam tubuh. Nantinya, tubuh pun cenderung lebih siap dengan mekanisme baru untuk mengambil oksigen selama Anda melakukan jogging.

Dengan pembahasan di atas, mulai sekarang, ada baiknya jika Anda mengawali jogging dengan pemanasan. Lakukan pemanasan dan dapatkan manfaat jogging yang optimal.

By admin